Fondasi membangun Bisnis Jaringan yang Kuat

fondasi bisnis jaringan

 

Hal terpenting dalam membangun bisnis jaringan adalah fondasi.

Fondasi ini berguna untuk memiliki jaringan yang besar untuk jangka panjang ke depan. Selain itu fondasi ini juga berfungsi untuk mendapatkan passive income, residual income, financial freedom, dan time freedom.

Ada sembilan 9 fondasi yang perlu Anda pelajari yaitu edifikasi, no cross lining (tidak melakukan cross lining), konsultasi, membaca buku, datang ke pertemuan, mendengarkan kaset dan CD, integritas, komitmen, dan duplikasi.

 

Edifikasi

Edifikasi adalah penghargaan atau memberikan nilai lebih kepada sesuatu atau kepada seseorang. Jika Anda mengalami kesulitan dalam meyakinkan orang terdekat Anda, misalkan orang tua Anda, gunakanlah edifikasi guna membantu mempermudah Anda dalam membangun bisnis ini. Contoh, jika Anda ingin menjelaskan bisnis ini kepada orang terdekat Anda, gunakanlah pihak ketiga. Pihak ketiga yang terbaik dalam hal ini ialah upline Anda. Ajaklah upline yang Anda rasa nyaman, aktif dan memiliki intergritas dalam membangun bisnis ini. Kemudian Anda mengedifikasi upline Anda. Misalnya, katakanlah bahwa upline Anda luar biasa dan memiliki jaringan yang besar sekali dan komitmen dalam bisnis ini. Katakanlah hal ini secara terus menerus. Dengan sering mengedifikasi, prospek Anda akan memiliki rasa ingin tahu mengenai orang yang Anda bicarakan dalam bisnis ini. Jika Anda mengedifikasi upline Anda, prospek Anda akan mendengarkan dengan baik. Sebaiknya jika Anda sudah mengedifikasi upline, dan upline Anda membantu Anda dalam home meeting, one on one, atau pertemuan besar, Anda lebih baik membiarkan upline Anda yang berbicara dan jangan memotong saat upline Anda berbicara. Hal yang perlu Anda edifikasi dalam bisnis jaringan adalah edifikasi upline yang aktif dan mengerti prinsip jaringan; edifikasi downline yang berhasil, berdedikasi baik, memiliki integritas dan leadership yang baik; edifikasi cross line; edifikasi perusahaan; edifikasi produk (kelebihan produk); dan edifikasi support system.

 

No Cross Lining

Cross lining mudah diketahui tetapi tidak mudah dimengerti dan dipahami. Untuk memahami cross lining dibutuhkan waktu yang cukup panjang. Hal yang perlu Anda perhatikan mengenai cross lining ini adalah dengan tidak mengurus urusan orang lain. Misalnya, Anda tidak perlu mengetahui penghasilan upline, memotivasi upline, atau ikut campur dalam urusan upline. Contoh lain cross lining adalah membandingkan grup Anda dengan cross line Anda. Hal yang terpenting adalah mengurus urusan diri Anda terlebih dahulu lalu downline Anda. Jangan mencari masalah atau informasi orang lain.

 

Konsultasi

Konsultasi diperlukan karena Anda tidak mengetahui persis kesalahan Anda dalam membangun bisnis jaringan. Yang mampu melihat hal tersebut adalah upline yang aktif, dekat dengan Anda dan mengetahui perkembangan bisnis Anda. Konsultasi penting dikarenakan berbagai hal, yaitu:

1). Konsultasi akan menghemat waktu, pengeluaran, dan tenaga Anda.

2). Menghindari kesalahan yang tidak perlu.

3). Bisnis dapat lebih terarah dan mudah untuk dikerjakan.

Semakin besar jaringan Anda semakin Anda memerlukan lebih banyak konsultasi. Hal ini dikarenakan semakin banyak masalah yang muncul. Pada saat Anda salah saat memiliki jaringan yang sudah besar , akan sangat sulit untuk memperbaiknya. Oleh sebab itu mulai dari awal Anda harus mengarahkan grup Anda dengan benar.

 

Ada beberapa tips dalam berkonsultasi, yaitu:

1). Pada saat konsultasi, Anda bertanya bukan mempertanyakan.

2). Konsultasi bukan untuk meminta persetujuan.

3). Jika sebagai upline Anda masih belum paham dan ragu, sebaiknya konsultasikan dan tanyakan pada senior Anda.

4). Anda yang meminta konsultasi kepada upline, bukan sebaliknya.

5). Konsultasi pada upline yang aktif. Upline yang aktif dalam sistem yang sama. Anda harus belajar dan yakin pada satu konsep.

6). Konsultasi bukan untuk berkeluh kesah tetapi untuk mencari solusi.

7). Konsultasi mengarahkan grup yang sedang berkembang pesat.

8). Adakan suatu konsultasi formal. Pada saat konsultasi formal, buatlah suatu daftar impian Anda, gambarkan kondisi grup Anda, siapkan rencana kerja dan tujuan, dan lakukan apa yang telah Anda konsultasikan.

 

Buku

Anda perlu membaca buku guna tetap berpikir positif, mempelajari pengalaman orang lain, menambah wawasan, momentum (belajar dari orang sukses), mencari solusi, mempelajari hubungan (relationship) dan kepemimpinan (leadership). Ada satu istilah terkait hal ini, “Anda adalah dengan siapa Anda berkumpul dan buku apa yang Anda baca”.

 

Pertemuan

Pertemuan berguna untuk menjaga momentum dan membersihkan hal-hal negatif.

 

Kaset

Kaset di sini termasuk CD dan DVD. Kaset merupakan alat (tool) untuk membantu mengembangkan bisnis jaringan.

 

Integritas

Jika Anda tidak memiliki integritas, bisnis Anda akan mudah rapuh. Beberapa hal yang membuat seorang upline kehilangan integritas, yaitu:

1). Merebut prospek orang lain.

2). Mempengaruhi jaringan orang lain untuk pindah jaringan.

3). Menjelekkan jaringan yang lain.

4). Menjelekkan anggota yang lain.

5). Tidak disiplin dan tidak menepati janji.

6). Sering absen dalam pertemuan.

7). Menjelekkan upline, downline, cross line dan perusahaan.

8). Suka mengeluh dan bersikap negatif.

 

Komitmen

Anda harus berkomitmen terhadap bisnis ini, upline, downline, perusahaan ini dan sistem yang Anda pelajari.

 

Duplikasi

Jika Anda ingin melakukan bisnis untuk jangka panjang, Anda harus memperhatikan konsep ini. Beberapa hal yang tidak dapat duplikasi:

1). Presentasi yang terlalu panjang. Presentasi sesingkat dan sesimpel mungkin.

2). Presentasi yang terlalu canggih yaitu dengan memakai OHP, notebook, tablet, dll.

3). Membayari orang untuk mengikuti bisnis ini.

4). Makan yang terlalu mewah sebelum presentasi

Apa yang Anda lakukan dalam bisnis ini harus dapat dilakukan oleh downline Anda siapapun dan dari kalangan manapun. Jika Anda dapat melakukannya, tetapi tidak dapat dilakukan oleh downline Anda, itu tidak dapat disebut duplikasi. Lakukan bisnis ini dengan berdasar pada kesembilan fondasi.

Anda harus menguatkan fondasi ini dan mempelajarinya sampai Anda benar-benar mengerti fondasi ini. Maka financial freedomdan time freedom adalah masalah waktu yang akan membuktikan bahwa Anda memiliki jaringan yang solid.

Happy Networking..

Always Happy, Healthy, Wealthy..

 

Source : http://www.biogreenscience.com/file/bio_letter/vol2_id.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *